Example 728x250

ANNA KUMARI JEJAK LANGKAH MAESTRO TARI SUMATERA SELATAN.

Faktual.News Sumsel.Selasa, 18 Juli 2023 telah ditayangkan film dokumenter yang berjudul “Anna Kumari” Jejak Langkah Maestro Tari Sumatera Selatan. Produser Helen Susanti dan Sutradara Rillo Abyudaya dan diproduksi oleh Happysaka Production (@happysaka_production).

Gala Premiere pemutaran film ini ditayangkan di Bioskop CGV SOMA Palembang. Acara berlangsung dengan meriah. Dihadiri oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Kadisbudpar Provinsi Sumatera Selatan, Kadisbudpar Kota Palembang, Para seniman, para sejarawan, para budayawan, para akademisi dari Universitas Sriwijaya, PGRI dan Universitas lainnya, guru-guru, Komunitas Film, siswa/i, para anggota sanggar Anna Kumari dari tingkat alumni hingga yang masih aktif sampai hari ini dan masyarakat umum.

Pada saat ini, tidak banyak yang mengetahui bahwa ada seorang maestro yang gigih dalam mengembangkan tarian di Sumatera Selatan, beliau adalah Anna Kumari. Bu Anna (Panggilan Beliau), sudah berpuluh-puluh tahun aktif dalam dunia tari di Sumatera Selatan. Hingga saat ini telah menciptakan 50 tarian.

Anna Kumari memiliki rasa cinta luar biasa terhadap kebudayaan lokal daerahnya. Kecintaannya tersebut digambarkan dalam bentuk tarian. Film dokumenter Anna Kumari mendokumentasikan jejak langkah Ibu Anna Kumari dalam dunia tari di Sumatera Selatan. 

Dedikasinya dalam dunia tari di Sumatera Selatan membuatnya sering mewakili Sumatera Selatan dan Indonesia dalam berbagai kegiatan kebudayaan baik di dalam dan di luar negeri. Beliau juga sering menjadi pelatih tari di berbagai sanggar dan instansi. Film dokumenter ini hadir agar namanya semakin dikenal luas baik bagi masyarakat di Sumatera Selatan, dan juga di Indonesia secara umum sebagai pengembang tarian asal Sumatera Selatan.

Film ini sendiri merupakan produk luaran dari pendanaan dari program Dana Indonesiana, Direktrorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bekerja sama dengan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)tuturnya Hasan /hari.