Fauzan Khoiri Resmi Menjadi PJ Bupati Empat Lawang.

FAKTUAL . NEWS  Kabupaten Empat Lawang .  Kini resmi memilki pemimpin baru dalam jajaran pemerintahan daerahnya, paska pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin AP MM oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru di Griya Agung, Palembang, Senin, 18 September 2023.

Fauzan yang sebelumnya menjabat selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, dilantik menjadi selaku Pj Bupati Empat Lawang, mengisi kekosongan jabatan Bupati Empat Lawang, yang ditinggalkan H Joncik Muhammad dan Wakilnya Yulius Maulana yang sudah habis masa jabatan selaku Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang priode 2018-2023.

Fauzan dilantik bersama 6 Pj Bupati/Wakota lain di Sumsel. Antara lain, Pj Wali Kota Palembang – Drs H Ratu Dewa MSi yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang. Kini, ia akan mengemban tugas sebagai Pj Wali Kota Palembang.

Defriyansa ST MSi IPU yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Lubuklinggau, Pj Wali Kota Pagaralam – H Lusapta Yudha Kurnia SE MM yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sumsel.

Kemudian, Pj Wali Kota Prabumulih – H Elman ST MM yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Prabumulih.

Pj Bupati Muara Enim – Dr H Ahmad Rizali MA yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan dan Pj Bupati Banyuasin – Hani Syopiar Rustam SH yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Upacara pelantikan ini berlangsung dengan khidmad disaksikan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel dan tamu undangan lain.

Selain pelantikan Penjabat Bupati/Walikota, juga dilantik 7 Pj Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi Sumsel, yang akan membantu memajukan peran perempuan dalam pembangunan. 

Mereka adalah, Ny Tuti Komariah SPdI (Pj Ketua TP PKK Empat Lawang), Ny Liza Rahayu Pratiwi SE (Pj Ketua TP PKK Kota Pagaralam), Ny Hj Dewi Sasrani (Pj Ketua TP PKK Kota Palembang).

Kemudian, Ny Dr Rose Mafiana Rizali (Pj Ketua TP PKK Muara Enim), Ny Hj Maria Ivone Triana (Pj Ketua TP PKK Banyuasin), Ny Hj Henita Andriani Trisko (Pj Ketua TP PKK Lubuklinggau) dan Ny Hj Windriani Elman (Pj Ketua TP PKK Prabumulih.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya, juga turut serta dalam pelantikan ini dengan melantik 5 Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) untuk berbagai daerah di Sumsel, antara lain, Hj Hepy Safriani MKes (Pj Sekda Empat Lawang), Rano Pahlesi (Pj Sekda Pagaralam), Ir Gunawan MTP (Pj Sekda Kota Palembang), Dr Tamri MM (Pj Sekda Lubuklinggau) dan Drs Aris Priyadi SH MSi (Pj Sekda Kota Prabumulih).

Pelantikan ini diharapkan akan membawa kemajuan dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat di berbagai daerah di Sumatera Selatan.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru menyebut, penunjukkan Pj Bupati/Walikota ini, sudah melalui mekanisme dan proses yang cukup panjang. Selain diusulkan DPRD juga oleh gubernur Sumsel dan kemudian dipilih oleh Mendagri.

Pada kesempatan itu Herman Deru pun menyempatkan menyapa Kepala Daerah yang sudah habis masa jabatannya dan Pj yang baru saja dilantik, sebelum memberikan sambutan.

“Selamat kepada Pj yang baru dilantik, secara sah menurut undang-undang dan konstitusi yang berlaku di negara kita untuk mengemban sebagai Kepala Daerah di Kabupaten/Kota masing-masing,” katanya.

Menurutnya, mulai hari ini pejabat yang sudah dilantik, mengemban tugas sebagai Pj di Kabupaten/Kota masing-masing.

By.Markian.