Himbauan Polsek Sanga Desa Periksa dulu sebelum berangkat Bagi Masyarakat Yang Akan Mudik Lebaran.

MUSI BANYUASIN,Faktual.News. – Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 hijriah mulai tanggal 19-26 April 2023 tahun ini membuat sebagian besar masyarakat umumnya  mulai mudik atau pulang kampung , hal itu tak terkecuali di Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin.

Tradisi mudik tahun ini diperkirakan akan lebih meningkat dari tahun sebelumnya, dikarena tahun ini sebagian masyarakat sanga desa  yang berada pada rantauan pada tahun sebelumnya sempat tertunda pulang kampung disebabkan pandemi covid-19.

Masyarakat yang ingin mudik ini tentunya meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dengan waktu selama pulang kampung halamannya.

Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Kepolisian Sektor Sanga Desa pun mengeluarkan himbauan secara khusus kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik.

Adapun isi himbauan tersebut yakni :

1.Periksa rumah sebelum ditinggal dalam keadaan kosong, seperti kompor, pintu, listrik, air, dll, 

2.Lapor atau titipkan rumah kepada tetangga atau petugas polisi saat rumah di tinggalkan.

3.Simpan barang berharga/dokumen penting di tempat aman atau titipkan kekantor polisi terdekat. 

4.Cek kondisi kendaraan, jangan bawah barang berlebihan dan tetap patuhi peraturan lalu lintas. 

5.Bila lelah dalam perjalanan, gunakan pos PAM kepolisian untuk beristirahat.

Kapolres Muba AKBP Siswandi Sik SH MH melalui Kapolsek Sanga desa IPTU Imam Dipsa Maulana STr.K yang diwakili Kanit Reskrim, IPTU Nasirin SH.MH mengatakan bahwa, Himbauan yang dikeluarkan pihaknya, bertujuan agar meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama mudik lebaran 2023 tahun ini.

“Penting bagi kita untuk antisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, mulai dari kejadian kebakaran hingga pencurian, saat rumah ditinggalkan dalam keadaan kosong selama mudik,” kata Kanit Reskrim, IPTU Nasirin.

“Masyarakat diharapkan memperhatikan himbauan yang ada, Supaya nanti bisa mudik dalam keadaan yang nyaman serta tidak was-was meninggalkan rumah,” harapnya.

Lebih lanjut IPTU Nasirin SH.MH Selaku Kanit Reskrim Polsek Sanga Desa, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak sungkan berkoordinasi dengan pihak terkait khususnya kepolisian jika ingin melakukan perjalanan mudik.

“Silahkan hubungi kami, Jika ada yang perlu dititipkan. Selamat melakukan perjalanan mudik, semoga mudik anda lancar selamat sampai tujuan hingga kembali ke rumah lagi,” pungkasnya. “(husni),ril.