Example 728x250

Kepala Desa Dan perangkat menjerit gaji Mereka belum.di bayar.. delapan bulan.

Faktual . News Empat Lawang. Beberapa kepala dan perangkat desa serta angota BPD yang ada di kabupaten empat Lawang menjerit gaji Mereka hampir delapan bulan(8 bulan) tidak dibayar.

Hal ini disampaikan oleh porum kepala Desa kecamatan Tebingtinggi dan saling kepada kami tadi siang Kamis 3/10/2023.

Beberapa kepala Desa yang mewakili teman nya mengungkapkan kepada kami..

Kurang sabar apa lagi kami sampay delapan  bulan belum di bayar hak kami,, birokrasi apa seperti ini, hanya di kabupaten empat Lawang ini gaji perangkat Desa sampai delapan bulan belum dibayarkan,apa tidak malu pemerintah ni??.

Kami menagih hak kami keringat kami kalau sampai delapan bulan ni ada apa.. kemana uang kami apa sudah habis terpakai buat bayar hutang ucap kepala Desa .

Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang perangkat Desa yang namanya juga tidak mau kami tulis.

Benar’pak kami perangkat Desa juga belum.menerima gaji sampai saat ini dan ini sudah masuk delapan bulan (8 bulan)jadi kami harus bertanya kepada siapa, kenapa gaji kami yang merupakan hak kami kok belum dibayarkan sampai delapan bulan(8bulan) kemana uang kami ucap perangkat Desa dengan nada kesal.

Untuk di ketahui kalau gaji perangkat Desa dan BPD itu sebenarnya masuk ke dalam APBN  tetapi penyaluran nya melalui ADD(alokasi dana desa)dan melalui pos Dana alokasi umum (DAU)  tetapi yang kami heran kok bisa gaji mereka sampai selama ini belum.terbayarkan..padahal ada pos tersendiri .

Tentu ini pertanyaan besar bagi kami kalau dana APBN tidak mungkin belum di kirim dari pusat.. sementara Alokasi Dana Desa (ADD)tidak pernah terlambat lalu kemanakah dulu gaji mereka kalau memang sudah di kirim dari pusat dan ini tentu jadi pertanyaan besar bagi kita.

Untuk di ketahui jumlah desa yang ada di kabupaten empat Lawang ini lebih kurang 147 Desa, coba bayangkan kalau satu Kepala desa gaji nya lebih kurang dua juta empat ratus(2.400.000)belum ditambah gaji perangkat Desa dan BPD,dalam hitungan kasar kami kalau pemerintah kabupaten empat Lawang mau membayar seluruh gaji kades dan perangkat termasuk angota BPD selama delapan bulan maka uang Yang harus digelontorkan lebih kurang 30 M (tiga puluh milyar).

Apakah ada uang sebanyak itu sementara isu yang berkembang kalau kas daerah(Kasda)dalam keadaan kosong,, sementara kepala dinas DPPKAD sepertinya tidak ambil pusing denggan kondisi seperti ini..  (uj) .