Ketua AWDI DPC Muba:Hadapi Tahun Politik Peran Serta Wartawan Memberi Eduakasi Masyarakat Dalam Berdemokrasi.

Faktual.News SEKAYU. Ketua Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) DPC Musi Banyuasin (Muba) Darul Kutni  memasuki tahun politik  menaruh harapan agar dijadikan momentum parawartawan, jurnalis, penulis  yang ada di Muba untuk menjaga marwah dunia jurnalistik dalam semua tahapan-tahapan Pemilu dan Pemilukada 2024 yang akan datang.

“Harapan saya selaku Ketua sebuah organisasi profesi (AWDI -red) seluruh wartawan terkhusus yang tergabung dalam AWDI DPC Muba agar bisa memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya di tahun politik 2024 yang akan datang,”dikatakan Darul pada, Selasa (4/4/2023).

“Pemilu bukan momentum untuk memecah-belah bangsa. Tetapi Pemilu adalah pesta rakyat yang harus diikuti dengan suasana penuh kegembiraan dan kebahagiaan. Maka, peran jurnalis harus terus mengedukasi masyarakat agar memiliki pemahaman berdemokrasi yang baik,” katanya.

“Jangan karena perbedaan pilihan kemudian menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Perbedaan pilihan itu hal yang wajar dan biasa dalam sebuah kontestasi politik di negara demokrasi,” ungkap Darul.

“Peran media massa itu sangat untuk mengedukasi masyarakat dan Pers juga harus hadir untuk mendamaikan dan membuat suasana kondusif,bukan melakukan hal sebaliknya,” tegasnya.

Sebagai wartawan jangan menjadi provokasi. “Walaupun secara personal wartawan punya dukungan terhadap calon tertentu tetapi jangan sampai memprovokasi warga melalui pemberitaan atau tulisan yang dibuat,” pesannya.

Masih kata Darul Kutni “Pers harus terus berkontribusi dalam program pembangunan. Memberikan masukan kepada pemerintah dan masyarakat. Tidak hanya meliput dari dua sudut pandang yang berbeda atau berlawanan dengan menampilkan dua sisi dalam pemberitaan (Cover both side) tetapi harus mampu menampilkan semua sisi sebagai penutup (All cover side),”.

Lanjutnya, “Kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini  membuat insan pers juga harus bisa mengupgrade kapasitasnya, sehingga di dalam perubahan zaman apapun, pers tetap aktif menjalankan tugasnya,”.

Selain hal-hal yang telah disampaikan Darul juga menyampaikan terutama semua pihak yang terkait dalam politik  itu harus menjaga Kesehatan.

“Kepada peserta pesta demokrasi baik para calon legislatif beserta tiemnya ataupun para kompetisi calon kepala daerah, calon wakil kepala daerah dan pendukungnya Jagalah kesehatan, terutama kesehatan fisik, kesehatan mental, terlebih kesehatan ekonomi,” ucap Darul Kutni sembari tersenyum mengakhiri keterangannya.(hsn)