Kodim 0418/Palembang Menyelenggarakan Karya Bakti TNI, Bersama Polri Dan Pemkot.

Faktual.NewsPALEMBANG Sumsel. Kodim 0418/Palembang menggelar kegiatan Pembersihan Saluran Air yang diikuti peserta dengan jumlah 300 orang personel Gabungan TNI-Polri, Pemkot palembang serta masyarakat, Hari Sabtu (9/12/23).

Diketahui kegiatan pembersihan selokan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat,M.han bertempat di Jl. Lada 1 komplek Pusri Sako , kelurahan Sako kecamatan Sako Palembang.

Dalam kegiatan tersebut diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat,M.han dan dilanjutkan pengecekan titik-titik wilayah yang akan menjadi objek Pembersihan saluran yang di bagi empat titik di mulai dari arah masjid aqobah ke RT 31 kelurahan Sako.

“ Alhamdulillah cuaca bagus sangat kegiatan gotong royong ini, besar harapan bisa kita laksanakan dengan baik sehingga saluran air menjadi bersih dan air melintas lancar insyallah wilayah kita terbebas dari banjir.

Selesai Mengawali pembukaan dilanjut dengan pemberian  sembako kepada masyarakat yang membutuhkan secara simbolis di serahkan Dandim 0418/Palembang ,Pj walikota Palembang,Camat Sako,Danramil 418-08/Sako ,Kadinkes kota palembang ,Kadis Pupr diwakili .

Saat di wawancarai PJ Walikota Palembang Drs .H . Ratu dewa mengatakan Alhamdulillah syukur hari ini adalah hari kedua pelaksanaan Karya Bakti yang diinisiasi oleh prajurit-prajurit TNI kerja sama dengan Dadim 0418 Palembang atas perintah dari Kasat Pangdam II/Swj ,Korem 044/Gapo.

Lanjutnya ,Hari ini dilokasi yang menjadi Karya Bakti Kelurahan Sako ada beberapa persoalan persampahan kita yang cukup menimbulkan banyak masalah termasuk hari ini kita ada pembersihan selokan kita lihat sendiri sendimennya cukup tinggi.

Alhamdulillah syukur dengan kolaborasi dan sinergi antara seluruh staf kota dengan prajurit-prajurit TNI hari ini terus kita bekerja karena persoalan sampah ini persoalan yang cukup menghantui kita semua bahkan saat sekarang sudah diangka 439 ton ditahun 2023 untuk ukuran perharinya sudah diangka 800-900 ribu ton,”Katanya.

Untuk itu persoalan sampah adalah persoalan kita bersama Alhamdulillah syukur dengan kerja sama sudah terpelihara dan terbangun dengan baik dari sebelum-sebelumnya sudah terpelihara dari Dadim 0418/Palembang ,”Jelasnya.

Sementara itu Dandim Kolonel Czi Arief Hidayat,M.Han mengatakan bahwa Terkait dengan kegiatan gotong royong ini sebenarnya kegiatan yang memang kegiatan rutin dan setiap minggu selalu kita laksanakan dengan pemerintah kota Palembang dengan segenap masyarakat.

Jadi setiap minggu pasti kami laksanakan namun menjelang musim hujan ini memang dari Kasad itu sangat konsen terhadap potensi persoalan yang ditimbulkan jadi tidak hanya masalah banjirnya tetapi terkait penyebaran penyakit, penyebaran penyakit ini yang menjadi persoalan kita ,”katanya.

Harapannya dengan kegiatan karya bakti TNI seluruh saluran air yang ada dapat dibersihkan , tempat sampah yang ada dilingkungan kita bersihkan, termasuk pasar kita bersihkan semua semoga dengan tingkat kebersihan yang meningkat tidak ada air yang tergenang sehingga kemungkinan adanya wabah penyakit dapat kita cegah,”Tutupnya.

Kegiatan tersebut di hadiri langsung Pj Walikota Palembang Drs.H.Ratu dewa ,Camat Sako Dr.Amirudin Sandy ,S.STP ,M.si,Kadin DLHK,Kadin Kesehatan kota Palembang ,Kadin PUPR,Kapolsek Sako ,Lurah sekecamatan Sako , Siswa-siswi SMAN 16 Palembang .  (Ruslan)