Kontroversi Proyek Pengaspalan Jalan di Desa Gunung Raja, Muara Enim: Tantangan Transparansi Pembangunan.

Faktual News Muara Enim, 22 September 2023. – Proyek pengaspalan jalan di Desa Gunung Raja, Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kabupaten Muara Enim, telah menjadi sorotan utama, dan berbagai media telah memberikan pemberitaan yang mencengangkan. Terungkap bahwa proyek ini melibatkan jalan sepanjang 1000 meter dengan lebar 4 meter, yang juga akan menghubungkan sambungan sepanjang 40 meter yang belum selesai di tahun sebelumnya.

Menurut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 tahun 2012, pengerjaan proyek fisik yang dibiayai oleh negara harus melibatkan pemasangan papan plang proyek. Awalnya, proyek pengaspalan jalan ini tidak memasang papan plang proyek, yang kemudian menimbulkan kekecewaan masyarakat.

Setelah beberapa hari mendapat kritikan dari masyarakat, akhirnya papan plang proyek dipasang. Namun, masih terdapat ketidaksesuaian yang mencolok. Volume pengerjaan proyek tidak dicantumkan pada papan plang tersebut. Hal ini menimbulkan kebingungan dan keraguan di kalangan masyarakat. Terutama mengingat proyek ini mendapat pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2023.

Ketidaktransparanan ini tidak hanya melanggar regulasi yang ada, tetapi juga bertentangan dengan semangat transparansi yang ditekankan oleh Pemerintah dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Masyarakat berharap agar pemerintah daerah dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai volume pengerjaan proyek ini dan memastikan agar seluruh tahapan proyek berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam upaya untuk mengatasi ketidakpastian ini, pihak berwenang diminta untuk memberikan klarifikasi dan menjalankan proyek pengaspalan jalan ini sesuai dengan standar dan kaidah yang berlaku. Keselarasan dengan peraturan-peraturan tersebut tidak hanya akan membangun kepercayaan masyarakat, tetapi juga memastikan penggunaan anggaran yang transparan dan efisien,Sumber foto: dari salah satu warga setempat.by Juni