Miris baru 1 hari selesai dikerjakan pembangunan jalan lingkungan Desa Suka Maju, Mulai rusak.

Faktual.News Pali.Miris baru 1 hari selesai dikerjakan pembangunan jalan lingkungan Desa Suka Maju, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menelan kekecewaan warga setempat.

Pasalnya “pembangunan jalan lingkungan Suka Maju Kecamatan Talang Ubi mengalami Keretakan, dan pengamparan atau pengerasannya banyak pasir dari pada batu,” ungkap warga setempat.

Mendapat Informasi dan aduan dari warga akan buruknya kualitas bangunan pembangunan jalan lingkungan Desa tepatnya di Desa Suka Maju, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI yang di kerjakan oleh CV. ASTA ANUGERAH, Adv Hendro Saputra, SH Selaku Ketua Sub bidang HUKUM LSM BPPI PALI mengatakan sangat miris dan kecewa karena dilihat secara kasap mata saja kualitas bangunan tersebut sudah nampak patut di duga di kerjakan asal jadi, ungkapnya kepada wartawan Minggu (11/06/23) pukul 14.00 WIB.

“Karena baru 1 hari selesai pengerjaan saja di beberapa spot sudah terlihat retakan, bagaimana kalau sudah di gunakan oleh masyarakat nantinya,” ujar Adv Hendro Saputra, SH. 

Lebih lanjut dikatakan Hendro, untuk itu kami sebagai salah satu Lembaga Control Sosial meminta kepada pihak Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman (PERKIM) PALI selaku Penyedia Paket Pekerjaan agar meninjau ulang pengerjaan proyek pembangunan jalan lingkungan Desa tersebut, harapnya.

 “Segera menginstruksikan pihak penyedia jasa untuk memperbaiki kualitas bangunan yang mereka kerjakan, dan jika pada investigasi yang sedang kita lakukan saat ini di temukan ada unsur kesengajaan dan pembiaran serta indikasi korupsinya. Maka kita pastinya akan melaporkan temuan kita kepada pihak KEJARI PALI dan BPK karena menyangkut penggunaan APBD,” bebernya.

Ditempat terpisah, pihak ketiga atau pemborong saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp Minggu (11/06/23) pukul 10.39 WIB mengatakan Mohon arahannyo kandoo yang mana yang menurut kando baik dan benar dari sistem pekerjaan yang baik dan sesuai menurut arahan kandoo, tulisnya melalui pesan whatsapp.

Diketahui, dari informasi proyek bertuliskan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI melalui Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman (Perkim)

Paket Pekerjaan : Pembangunan jalan lingkungan Desa Suka Maju

Nomor : 028/56/SPK/ST/DPKP/V/2023

Tanggal : 02 Mei 2023

Nilai kontrak : Rp.149.800.000,.

Terbilang : Seratus empat puluh sembilan juta delapan ratus ribu rupiah

Lokasi : Desa Suka Maju Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Sumber Dana : APBD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir TA 2023

Penyedia jasa : CV. Asta Anugrah

Sementara itu Hendi Sekretaris Dinas (Sekdin) Perkim PALI saat dikonfirmasi melalui whatsapp dimintai tanggapan mengenai jalan tersebut Minggu (11/06/23) pukul 14.00 WIB hingga berita ini diterbitkan belum memberi tanggapan.

(Rahasmin/Tim).