Example 728x250

Pembentukan Tiga Poktan Di Desa Kramat Jaya Kec.Sungai Keruh Disaksikan Korlu dan PPL.

Faktual.News MUBA.  Penambahan tiga Kelompok Tani (POKTAN) baru di desa Keramat jaya Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) Kelompok Tani ini merupakan kumpulan petani yang mempunyai tujuan sama dalam mengembangkan usaha taninya, dibentuk berdasarkan keinginan bersama untuk tujuan mengembangkan usaha tanin.

Pembentukan 3 Kelompok Tani  baru yaitu Poktan,Petaraya, Poktan Maju Bersama dan Poktan Jaya Bersama yang berlangsung pada hari Selasa 8 Agustus  2023di Dusun l Kramat Jaya ini bertujuan untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha, serta memperjuangkan kemandirian petani dan  saksikan oleh langsung oleh Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) dan Kordinator Penyuluh (KORLU) Kecamatan Sungai Keruh.

Kepala Dinas TPHP Muba  Tamrin melalui Kordinator Penyuluh (KORLU) .

Kecamatan Sungai Keruh Firman  dalam pemaparannya  pembentukan kelompok Tani adalah wahana belajar, wahana kerja sama dan wahana produksi.

” Kami selaku kepanjangan tangan dari Dinas TPHP akan melakukan upaya pembinaan untuk mengatasi kendala dan keluhan petani cabe di Kramat Jaya,” ujarnya.

 “Semoga tiga poktan baru ini kedepannya berjalan dengan baik dan senantiasa kami akan membantu semua poktan untuk meningkatkan produksifitasnya dengan mengajukan Proposal Poktan masing-masing,” paparnya.

semoga kedepana kelompok Tani ini dapat berjalan dengan lancar,dan,“Apalagi petani sekarang petani memasuki fase pengolahan lahan dengan melakukan pemangkuran tanah untuk memulai musim tanam dengan penyemaian Biji Cabe akan kita damping terus sampai memasuki masa Panen,” lanjutnya.

” Kami mendukung terus antusias dengan warga Desa Keramat jaya yang kompak dalam menjalankan usaha taninya yang memiliki 

luas lahan kebun Cabe nya sudah lebih dari 30 Hektar,  nanti kedepannya kami akan beri Pelatihan pembuatan Pupuk Organik,” jelasnya.

Sementara PPL Desa Kramat Jaya Taufik menyampaikan akan terus melakukan pendampingan terhadap petani binaannya.

” Saya akan terus hadir untuk pendampingan bila diperlukan, seperti saat  Penyemaian Bibit, Pemupukan serta Pengendalian Hama pada Cabe, semoga kita kedepan tetap bersinergi, untuk sekarang kita siapkan dulu data seperti Poto copy KK, KTP dan Poto Lahan yang akan ditanam Cabe itu syarat utamanya,” bebernya.

Kadus l Desa Kramat Jaya Amrul menyampaikan ucapan terima kepada Dinas TPHP Muba telah melakukan pembinaan terhadap petani di Desa Kramat Jaya.

” Saya mewakili Pemerintah Desa dan warga, berterima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Musi Banyuasin melalui jajarannya di Kecamatan Sungai Keruh, telah bersedia datang  datang ke desa kami,untuk melakukan pembinaan kepada Petani di Kramat Jaya ini, semoga dengan terbentuknya kelompok Tani ini akan menjadikan Petani ini Petani yang handal,dan kedepannya Petani disini mendapatkan bantuan setiap pengajuan Proposal kepada Dinas Pertanian,” pungkasnya.by Luk.