Example 728x250

PENAMBANGAN PASIR YANG BERADA DISUNGAI MUSI ATAU DIDEKAT SUNGAI MUARA BELIDA DIDUGA ILEGAL.

FAKTUAL.NEWS Sumsel.Ketika kami selaku media ingin berkunjung ke PUSKESMAS MUARA BELIDA, maka terlihatlah sebuah mesin penyedot pasir ditengah laut atau ditengah sungai Musi, tepatnya tidak jauh dari kantor PUSKESMAS MUARA BELIDA  lebih kurang 200 meter ataupun di muara sungai belida, mesin tersebut sedang berada ditengah sungai.

Walau mesin penyedot Pasir tersebut dalam keadaan belum operasi namun sudah barang tentu apabila selesai apapun tetap diduga penyedotan pasir dinyatakan ilegal.

Maka kami selaku media langsung mendatangi rumah Kepala Desa PATRA TANI yaitu BENI FRIZAL  namun dia tidak ada ditempat lalu kami kerumah SEKRETARIS DESA SDR HELMI. Namun dia juga tidak berada di tempat, tetapi berdasarkan keterangan salah satu keluarga, apakah itu anaknya mengatakan beliau sedang berada disawah, berkemungkinan dia pulang sore hari. 27/03/2024.

Lantas setelah itu kami langsung ke Kantor CAMAT MUARA BELIDA Kabupaten MUARA ENIM, ingin konpermasi sedikit tentang mesin pompa pengisap atau tambang PASIR yang berada di sungai Musi tepatnya di antara Desa PATRA TANI dengan Desa HARAPAN MULYA , maupun Desa GEDUNG BURUK. Kecamatan MUARA BELIDA Kabupaten MUARA ENIM Sumatera selatan 27/03/2024.

Setelah kami selaku media selalu kontrol sosial, berdasarkan keterangan salah satu stap karyawan kecamatan diruang tunggu atau resefsionis mengatakan bahwa, pada hari ini bapak CAMAT BUDI PURWANTO. SE. M.Si.sedang dinas di Kabupaten, menemui RAPAT MUSRANBANG  diKabupaten MUARA ENIM.

Maka dengan ini penambangan pasir tersebut kami duga sementara  ILEGAL, berdasarkan U U nomor 11 tahun 1967 bahan galian golongan C ,merupakan usaha penambangan yang berupa tambang, TANAH, PASIR, KRIKIL, dan banyak lagi lainnya.

Maka berdasarkan Pasal 158 U U RI Nomor 3 tahun 2020 tentang pertambangan terancam hukuman pidana 5tahun penjara.

Dengan ini kami selaku media ikut serta dalam kontrol sosial dibidang  pengawasan lingkungan hidup baikpun pembangunan yang kelolah oleh Pemerintah , sehubungan itu adalah usaha tambang Pasir diharapkan kepada Pemerintah diambil tindakan tegas jangan sampai berlarut larut dan juga jangan sampai terjadinya irosi tanah longsor. Himbauan nya.

Jurnalis FAKTUAL.NEW Sumsel. by Sarwani