Persentase Jumlah WBP Lapas Sekayu Menempati Urutan Ketiga dengan NIK Valid Tertinggi se-Sumatera Selatan.

Faktual.News,- Lapas Sekayu Kanwil Kemenkumham Sumsel berhasil mencapai 91,17% jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid. Hal itu juga yang membuat Lapas Sekayu menempati urutan ketiga dengan persentase jumlah WBP dengan NIK valid tertinggi se-Sumatera Selatan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Sumsel, Bambang Haryanto saat Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan Tahun 2023, Kamis (9/2/2023), yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Palembang. Topik yang diangkat yaitu Pemutakhiran Data Pemilu 2024 di Lapas/Rutan se-Sumatera Selatan.

Dijelaskan Bambang, bahwa saat ini jumlah WBP di Sumatera Selatan per 7 Februari 2023 sebanyak 15.473 orang, dengan jumlah WBP yang sudah memiliki NIK valid sebanyak 9.851 orang.

“Mengingat masih banyaknya jumlah WBP yang belum memiliki NIK, maka saya minta seluruh Lapas/Rutan memperhatikan betul pelaksanaan pemutakhiran daftar pemilih, agar seluruh WBP dapat diakomodir NIK-nya sehingga dapat menggunakan hak pilih sepenuhnya,” imbau Bambang.

Pada kesempatan terpisah, Kalapas Sekayu, Ronald Heru Praptama menuturkan bahwa, Lapas Sekayu saat ini telah mencapai 91,17% jumlah WBP yang telah memiliki NIK yang valid. Hal itu tidak terlepas dari kerja sama dengan pihak Dinas Dukcapil Kabupaten Musi Banyuasin. 

“Untuk melengkapi pemenuhannya, saat ini sedang dalam proses perbaikan dengan bekerjasama Disdukcapil Muba, dan insyaAllah jumlah WBP Lapas Sekayu yang memiliki NIK yang valid akan segera terpenuhi seluruhnya,” kata Ronald Heru Praptama.,(Husni)