PJ Bupati Empat Lawang dan rombongan tinjau lokasi banjir di Pasma air Keruh.

Faktual.News EMPAT LAWANG . PJ. (Penjabat) Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin, AP., M.M., beserta rombongan tinjau beberapa titik lokasi kerusakan akibat Banjir di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (13/5/2024).

Turut ikut dalam rombongan PJ Bupati antara lain kepala Dinas sosial, Kepala Dinas BPBD, kasat pol PP.perwakilan Dinas pekerjaan umum.perwakilan Dinas kesehatan’ serta unsur pemerintahan empat Lawang.

Dalam Pidatonya di Kantor Camat Pasemah air keruh PJ Bupati empat Lawang menyampaikan, bahwa Pemerintah akan memperbaiki sejumlah titik yang rusak akibat dampak dari bencana banjir tersebut.

“Dan telah memerintahkan kepada Instansi yang bersangkutan untuk secepatnya memperbaiki dengan mendatangkan alat berat, menutup Ruas Air yang masuk ke Pemukiman Serta melakukan pembersihan jalan yang terendam lumpur.

Disampaikan juga oleh PJ Bupati empat Lawang sementara ini Kita perintahkan untuk pinjam alat berat pada kontraktor yang ada proyek di sana sambil menunggu alat bantu dari pihak pemerintah kabupaten.

Selain itu juga PJ Bupati empat Lawang menghimbau kepada masyarakat agar kiranya dapat menjaga ekosistem yang ada di perbukitan dengan tidak lagi membuka lahan perkebunan yang membuat hutan jadi gundul apalagi itu hutan lindung dan Saya sudah perintahkan dinas polhut untuk mendata hutan yang dibuka warga apakah itu masuk dalam zona hutan lindung.

Saat awak media coba kompirmasi masalah langkah yang diambil dalam menangani darurat bencana ini.. dijelaskan oleh PJ Bupati empat Lawang kalau sudah perintahkan Dinas BPBD untuk melaporkan kejadian ini ke pusat dan permasalahan ini masuk dalam bencana alam ujar Fauzan Khoiri Denin, AP MM kepada awak media.

Di kesempatan itu, Camat kecamatan Pasemah Air Keruh Zaili juga menyampaikan, atas kesepakatan Pemerintah Desa dan masyarakat.

“Kami tidak meminta bantuan apa apa, yang kami minta dari Pemerintah Daerah adalah bagaimana mengatasi supaya Air Sungai tidak masuk ke Permukiman warga apabila datang hujan yang tinggi, seperti mendatangkan alat berat, menormalisasi Sungai dan menutup Jalan Air yang gampang masuk ke perkampungan,” ujarnya.

Terpisah, seluruh Kepala Desa dan masyarakat Desa Kecamatan Pasemah Air Keruh mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan kepedulian Pj. Bupati yang telah meluangkan waktunya untuk bela sungkawa atas musibah yang melanda Kecamatan Pasemah Air Keruh.

“Masyarakat Pasemah Air Keruh berharap, agar Pemerintah Daerah dapat secepatnya mengatasi yang menjadi penyebab banjir dengan tiba tiba seperti ini, olehnya kami selalu dihantui dengan rasa ketakutan banjir susulan akan datang lagi,” pungkasnya.

By Ujang.