Pria bertato datangi kades perambahan baru.

Faktual.News Sumsel. Video Kades Perambahan Baru Kecamatan Banyuasin 1 Kabupaten Banyuasin sumatra Selatan Muhammad Basri didatangi seorang pria diduga preman..didalam video cukup jelas Atas tindakan diduga preman tersebut .mendatangangi dikediaman kepala desa perambahan baru. Dengan menantang juga perkataan yang tidak seharusnya  disampaikan dengan seorang kepala desa.karna kepala desa itu adalah pemerintah yang berada di desa .

Dengan tersebarnya video Kades perambahan baru Forum Kades Banyuasin bersama ketua BPD kabupaten Banyuasin berserta para kades kades  lainya mendatangi  rumah kepala desa meminta agar polisi mengusut tuntas.

 video Kades Perambahan Baru Kecamatan Banyuasin 1 Kabupaten Banyuasin Muhammad Basri didatangi seorang pria diduga preman. Atas tindakan tersebut Forum Kades Banyuasin meminta agar polisi mengusut tuntas. 

Kejadian itu, terjadi pada Sabtu (6/5/2023) saat Kades Perambahan Baru Muhammad Basri berada di rumah. Pria ini mendatangi rumah kades dan mengeluarkan kata kata tak pantas juga menghina profesi kades. 

Dihadapan puluhan awak media cetak dan online m basri kades  Perambahan Baru mengungkapkan, bila ini untuk kali keduanya ia di datangi preman yang mengaku pemilik lahan transmigrasi di Desa Perambahan Baru.

“Tahun 2020 lalu, puluhan preman mendatangi ke rumah kami dan melakukan pengerusakan kaca berserta pintu rumah dan menjarah barang-barang. didalam rumah Sabtu kemarin, datang lagi beberapa orang tetapi yang turun hanya satu orang. Dia datang mengancam dan mengeluarkan kata-kata tak pantas serta menghina profesi Kades,” katanya, Senin (8/5/2023).

 lahan Desa Perambahan Baru yang disengketakan seluas 300 hektare.

Padahal, sudah jelas bila lahan seluas 300 hektare ini merupakan lahan transmigrasi untuk warga masyarakatnya desa perambahan baru. Sambungnya. 

 sengketa lahan ini, sudah dibawa ke kabupaten propinsi hingga ke ranah pusat akan tetapi tidak kunjung selesai.

Ujungnya, terus berlanjut dan kembali terjadi tanpa ada penyelesaian hukum.

“Pernah kami laporkan, tetapi hanya satu orang yang ditangkap. Itupun, hanya diputus sembilan bulan penjara. Walaupun ada putusan penjara, ternyata orang itu tidak dipenjara dan bebas keliaran serta masih mengintimidasi sampai sekarang,” ungkapnya.

Adanya kejadian ini, ketua prum  beserta  ketua BPD kabupaten Banyuasin meminta agar aparat penegak hukum dan juga pemerintah Kabupaten propinsi bahkan pusat ikut turun tangan. Karena, ini demi kepentingan masyarakat banyak yang lahan untuk masyarakat mencari kehidupan sudah disengketakan hingga diintimidasi dan tak dapat mencari penghidupan keluarga.

“Karena hal seperti ini, banyak warga kami yang memutuskan pindah dan mencari kehidupan di luar Desa Perambahan Baru. Mereka tidak tahan, selalu diintimidasi. Padahal, lahan ini diberikan pemerintah untuk masyarakat transmigrasi agar bisa mencari penghidupan,” katanya.

Hampir seluruh kades yang berada di kabupaten banyuasin mendatangi langsung rumah Kades Perambahan Baru Muhammad Basri untuk memberikan dukungan kepadanya.ketua prom beserta Ketua BPD Banyuasin akan mengawal  proses hukum  dan saat ini juga kami akan melaporkan ke polda sumsel..ungkap  ketua prorum. Tandasnya. 

Reporter:Rusdi