Proyek pembangunan tembok penahan diduga melanggar UU no. 2 tahun 2017 tentang jasa kontruksi.

Faktual.News Pali. UU Jasa Konstruksi sebenarnya sudah mengatur tentang aspek keamanan, keselamatan, kesehatan pekerjaan konstruksi bangunan. Begitu pula UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Karena itu, pengerjaan proyek infrastruktur pengerjaan tembok penahan di SD negeri 7 Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang dikerjakan oleh pelaksana kontrak CV. PUTRA RITAM dengan nomer kontrak 420/079/SP/TLD-SDN7.TU/APBD/DISDIK/2023. Seharusnya memperhatikan peraturan perundangan-undangan di bidang konstruksi terutama aspek keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja bagi para pekerja konstruksi, seperti UU No.2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Hal tersebut menuai kritik dari ketua  Advokasi Hukum LSM BPPI (Barisan Patriot Peduli Indonesi) Hendro Saputra SH,  Sesuai dengan pasal 52  UU No.2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi (Jaskon), kata hendro, Penyedia Jasa dan sub penyedia Jasa dalam penyelenggaraan Jasa Konstruksi harus memenuhi Standar Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Keberlanjutan. Jika tidak, penyedia jasa dapat dikenakan sanksi administratif mulai dari peringatan tertulis, penghentian sementara konstruksi hingga pencabutan ijin sebagaimana diatur dalam pasal 96 UU Jaskon.

Untuk itu, ADV Hendro Saputra SH.meminta kepada semua penyedia jasa konstruksi untuk memenuhi semua aspek keselamatan dan keamanan dalam pengerjaan konstruksi guna menghindari kecelakaan kerja. Dan kepada pemerintah, Hendro mendesak pemerintah melakukan pengawasan penerapan sistem keselamatan dan keamanan dalam penyelenggaraan dan pemanfaatan jasa konstruksi sebagaimana diatur dalam pasal 5 UU Jaskon.

“Penyedia jasa konstruksi harus memperhatikan metode kerja demi terjaminnya aspek keselamatan (safety) saat pekerjaan konstruksi maupun setelah pekerjaan konstruksi. Dan pemerintah harus melakukan pengawasan terhadap standar keselamatan dan keamanan yang diterapkan penyedia jasa konstruksi,” kata Hendro saat di wawancarai awak media, Kamis (30/05/2023).

Mengenai hal tersebut awak media, mencoba mengkonfirmasi kedinas  Pendidikan kabupaten Pali, tetapi tidak ada ditempat hingga berita ini di terbitkan. 

(Rahasmin/Tim).