PROYEK SUMAN PEMBUATAN SALURAN AIR ( DRAINASE ). RT 47. RW 07. KELURAHAN LEBUNG GAJAH KECAMATAN SEMATANG BORANG.

Palembang _ Faktual News.

Pembangunan saluran air yang terletak di jalan Rompok raya RT 47 RW 07 kelurahan Lebung gajah kecamatan Sematang borang yang menggunakan  dana APBD.Diknas pekerjaan umum tata ruangan kota Palembang, yang di kerjakan oleh CV BAROKA beralamat di Jalan Bungaran II.255 RT 006  RW 002, 8 ULU. Seberang ulu 1, ( SU II ) Palembang kota Sumatra selatan,

Terindikasi tidak memenuhi UU no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi kepada publik, yang bertujuan agar masyarakat lebih mengetahui pembangunan yang ada di wilayah mereka, serta atas pendanaan dari siapa. 

UU no 14 tahun 2008 jelas mengatakan hal tersebut, agar masyarakat juga dapat berpartisipasi melakukan fungsi sosial kontrol atas pembangunan tersebut.

Namun sangat disayangkan, bahwa pembangunan saluran ini, wajar kita pertanyakan serta di kategorikan sebagai proyek siluman, ucap Iwan selaku sosial dan pemerhati lingkungan di Kota Palembang.

Awak media melakukan kompirmasi kepada salah satu pekerja yang berada di lokasi proyek pembangunan saluran air ( Drainase ) selain itu pada proses pembangunan tidak di temukan plang papan proyek, di lokasi peoyek .

Terkait proses pembangunan saluran air ( Drainase ). yang terkesan asal jadi ,  saat di kompirmasi kepada salah satu pekerja ia mengatakan bahwa kami tidak tau menahu dengan hal tersebut, yang kami tau hanya bekerja, ucap mereka terang nya.

Pemborong atau mandor mereka sangat jarang ada dilokasi proyek, oleh sebab itu maka kami saat ini tidak tau dimana keberadaan beliau, Jangan kan tentang keberadaan pengawas atau mandor, kami juga tidak tau seberapa panjang pekerjaan saluran yang akan kami kerjakan ini, tambah nya.

Hal ini menambah semakin abu abunya pekerjaan ini, ucap Iwan.  konfirmasi kepada pengawas, atau pun pemborong .

Selayak nya dinas PU Pemkot Palembang turut serta atau aktif melakukan pengawasan terhadap proyek – proyek yang sedang dikerjakan menggunakan dana APBD kota Palembang, dan melakukan catatan penting terhadap pelaksana proyek atau pemenang tender dalam pembangunan kota Palembang imbuh nya.

by : RM DODI ZULFIKRI