Rekrutmen PPK Pilkada Se Kabupaten Muara Enim Hanya Formalitas Saja

Muara Enim , Faktualnews.id – Proses perekrutan PPK Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur serta Pemilihan Bupati dan wakil bupati di Kabupaten Muara Enim yang dilaksanakan KPUD Muara Enim terkesan Formalitas saja dan terkondisikan. (15/05/2024)

Dugaan yang di beritakan media infomuara enim https://infomuaraenim.com/dugaan-pungli-rekrutmen-calon-pps-ppk-gelumbang-tokoh-masyarakat-anggota-dprd-desak-usut-keranah-hukum/ sangat terasa kental.

Dari hasil pantauan awak media di beberapa kecamatan masih tetap PPK lama yang lolos dan menjadi PPK kembali, padahal PPK kecamatan ini notabenenya bermasalah pada Pilkada 2024 sampai ke ranah Mahkamah Konstitusi (MK)

Beberapa masyarakat yang mengikuti perekrutan PPK Pilkada banyak yang merasa kecewa. Di salah satu Kecamatan ada PPK yang sudah berapa kali menjabat Ketua PPK, namun yang disayangkan KPUD Muara Enim tidak mencermati bahwa Ketua PPK tersebut rangkap jabatan sebagai pendamping desa, staf di DPRD kabupaten Muara Enim, sehingga memungkinkan tidak maksimal dalam bekerja serta syarat kepemtingan.

Dikecamatan lain juga ada yang masih menjabat P3K, apakah sudah mendapatkan rekomendasi dari pimpinan Instansi apa belum, ini masih menjadi tanda tanya

Dugaan ‘ Under table” KPUD kabupaten Muara Enim sangat kental, salah satu peserta rekrutmen PPK kecewa dengan hasil ini, hal ini dikarenakan skor nilai tertulis bisa dikalahkan dengan skor yang lebih rendah, bahkan ketika wawancara peserta ini sudah di sampaikan ” kecil peluang kamu untuk lolos” ujar Tim wawancara

Laporan : Hendra