Santer Berita Korban DBD, GRIB Jaya OI Monitoring Ke Desa-Desa Temukan Mobil Jenazah Dinas Kesehatan Ogan Ilir Lakukan Penyemprotan.

FAKTUAL.NEWS OGAN Ilir. – Wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini ditandai dengan demam dan disertai perdarahan. Dan bila tidak segera ditolong, dapat mengancam nyawa.

Di Kabupaten Ogan Ilir, mulai dilakukan penyemprotan (fogging) di lingkungan masyarakat untuk membasmi bintik-bintik nyamuk yang berpotensi untuk menyebabkan penyakit DBD.

GRIB Jaya Ogan Ilir mendapat laporan dari masyarakat di Indralaya ada kegiatan Fogging di  Kec. Indralaya yang membuat banyak warga merasa heran dikarenakan mobil Jenazah Dinas Kesehatan Ogan Ilir dipakai untuk melaksanakan giat Fogging tersebut, Sabtu (20/01/2024).

Mendapat laporan itu, Robert Macan selaku Ketua DPC GRIB Jaya Kabupaten Ogan Ilir langsung monitoring crosscheck kebenaran informasi dari masyarakat.

“Awalnya kami bingung ada mobil jenazah menuju Desa kami, kirain ada warga yang meninggal dunia ternyata petugas dari Dinas Kesehatan Ogan Ilir akan melakukan Penyemprotan”, ujar salah satu warga setempat.

Robert Macan yang juga berada di Desa tersebut mengatakan keherananan nya dengan pemakaian mobil Jenazah Dinas Kesehatan Ogan Ilir untuk melakukan penyemprotan.

“Heran nian ngapolah nak pake Mobil Jenazah Dinas Kesehatan Ogan Ilir untuk melakukan penyemprotan, apo dak ado mobil dinas kesehatan kabupaten Ogan Ilir yang digunakan khusus untuk pelaksanaan penyemprotan cegah DBD ini”, ujar Robert keheranan.

Ditambahkan Robert kalau dengan memakai mobil jenazah kesannya seperti horor dan tidak terkoordinasi lagi.

“Wajar bae kalo ado warga yang cemas mobil jenazah masuk ke Desa nyo kiroin ado yang meninggal dunia dak tau nyo petugas Dinas Kesehatan Ogan Ilir nak nyemprot nyamuk dan lagi kayak tidak ado koordinasi lagi gawe ini antara Kepala Dinas Kesehatan OI dengan staf Dinas Kesehatan Ogan Ilir”, pungkas Robert. (JR).

(Sampai berita ini diturunkan, awak media akan terus mencari konfirmasi dari pihak-pihak terkait) . By JR.