SIRA Minta Aparat Negara Netral Dalam Proses Rekapitulasi KPUD Di Sumsel.

SEKAYU Faktual.News. – Menyikapi penyelenggaraan pemilu 2024 memasuki tahap rekapitulasi di beberapa Kabupaten/kota di Sumatra Selatan (SUMSEL), salah satunya yang sedang berlangsung di KPUD Musi Banyuasin, Direktur Eksekutif Suara Informasi Rakyat Sriwijaya (SIRA), Rahmat Sandi Iqbal meminta kepada pihak anggota aparat negara agar bersikap netral dan tidak ikut cawe – cawe terhadap hasil pemilu 2024 di Kabupaten Muba.

“Kami mengingatkan, prajurit aktif TNI dan Polri untuk turut menjaga marwah dan wibawa institusi dengan tetap bersikap netral dan obyektif dalam mengawal jalannya tahapan Rekapitulasi di beberapa Kabupaten di Sumsel salah satunya yang sedang berlangsung di KPUD Muba¬† ,” kata Sandi Direktur Eksekutif SIRA, Minggu (3/3/2024).

Sandi mengatakan juga netralitas dua lembaga instansi negara itu bertujuan untuk mencegah munculnya konflik kepentingan antara peserta Pemilu 2024 yang berpotensi mengikis persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sikap netralitas itu sangat penting di kedepankan oleh aparat negara untuk mencegah munculnya konflik kepentingan antara peserta Pemilu 2024 yang berpotensi mengikis persatuan dan kesatuan bangsa,” ucapnya.

Selain itu juga Sandi berharap kepada segenap aparat negara konsisten mengamankan jalannya Rekapitulasi hasil Pemilu di KPUD Muba dan beberapa kabupaten/kota lainnya yang saat ini sedang berlangsung sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan hingga pleno di KPUD Sumsel nanti.

“Saya berharap agar aparat negara konsisten mengamankan rekapitulasi yang berlangsung di KPUD Muba dari segala ancaman keamanan ataupun pihak-pihak yang berusaha mengintervensi hasil pemilu baik itu Pilpres maupun pileg di Kabupaten Muba,” ujar Sandi menambahkan keterangannya.(Hsn /rils).