SUDAH TAK IZIN PEMKOT PALEMBANG PASAR MALAM DI BKB JUGA TAK IZIN POLISI MENUAI KONTROPERSI KENAPA BISA DAN ADA APA. SIAPA DI BALIK SEMUA.

Faktual.News_Palembang Pemkot Palembang sesalkan ada pasar malam yang berlokasi di lapangan benteng kuto besak(BKB).

Sudah tak izin kepada Pemkot Palembang, pengelola juga tak izin ke polisi.Kapolrestabes Palembang,

Kombes Pol Harryo Sugihartono mengungkapkan fakta bahwa festival UMKM dan wahana hiburan komedi putar atau pasar malam di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang ternyata tidak memiliki izin keramaian dari polisi.

“Kita belum pernah mengeluarkan izin keramaian di BKB. Kita tidak ada  ( izin keramaian ), tidak ada sama sekali,” tegas Kombes Harryo.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palembang terkait festival ini. Festival tersebut sudah digelar sejak 18 November 2023 dan akan diselenggarakan sampai tanggal 7 Januari 2024.

“Kita koordinasikan dengan Pak Wali Kota Palembang. Kita akan mencoba me-refresh kembali hal-hal yang ada di BKB supaya kegiatan-kegiatan yang ada ter-cover keamanannya. Terorganisir dengan baik, karena selama ini tidak terorganisir dengan baik,” jelasnya.

Harryo menyebut, selama ini beberapa pihak yang memanfaatkan BKB untuk tempat penyelenggaraan kegiatan-kegiatan dinilai bergerak sendiri-sendiri.

“Masih perlu adanya koordinasi yang bagus, karena kegiatan itu berpotensi terjadinya penumpukan kerumunan massa. Nah kerumunan massa ini membutuhkan perhatian dari pihak-pihak keamanan maupun stakeholder terkait. Sehingga pelayanan massa itu menjadi nyaman,” kata Harryo.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Sulaiman Amin telah bersuara keras terkait pasar malam tersebut. Menurut Sulaiman, penyelenggara pasar malam itu tidak mengajukan izin resmi kepada Pemkot Palembang. Ia pun kecewa.

“Ya pasar malam di kawasan BKB itu memang tidak ada izin-nya baik dari Pemkot ataupun dari Dispar sendiri. Saya sangat kecewa tiba-tiba ada pasar malam di kawasan BKB ini,” kata Sulaiman, Senin (4/12) lalu.

by : Rm Dodi Zulfikkri