Example 728x250

Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Penyusunan RKPD Tahun 2024.

FAKTUAL News.Pali tgl,16-04-2023.Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM yang diwakili oleh Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Penyusunan RKPD Tahun 2024, Kamis (16/3/2023) bertempat di halaman Sanggar Pramuka, Simpang Raja, kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.

Dikatakan Wabup, pertumbuhan ekonomi kabupaten PALI pada tahun 2022 yakni 4,43%. “Iya, tahun 2022 pertumbuhan ekonomi kabupaten PALI meningkat 4,43%. Tapi tentu, pada tahun 2024 mendatang kita optimis dengan menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 – 7%,” ungkap Wabup PALI seraya berkata bisa mencapai target jika aktivitas perekonomian masyarakat berjalan normal dan mengalami peningkatan.

Tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat, tetapi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten PALI ditargetkan akan meningkat menjadi 68,30 poin dari target yang telah dilalui pada tahun 2022 sebesar 65,75 poin.

Kemudian persentase kemiskinan yang juga ditargetkan menurun di angka 11,05 – 11,10 %. Dari target tahun 2022 sebesar 11,76%. Begitu juga tingkat pengangguran kabupaten PALI yang ditargetkan mengalami penurunan di angka 2,91 % dari tahun 2022 di angka 4,31%.

Disamping itu, Wabup mengatakan bahwa Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten bukanlah hanya didasarkan pada aturan undang-undang, saja tetapi juga harus berdasarkan visi dan misi kepala daerah.

“Penyusunan RKPD tidak hanya memenuhi amanat perundang-undangan, tapi juga mengatasi masalah aktual, mengutamakan program yang dibutuhkan masyarakat dan Penjabaran visi dan misi Bupati,” papar Wabup.

Ia berharap, Musrenbang Kabupaten Penyusunan RKPD Kabupaten PALI tahun 2024 bisa menentukan skala prioritas pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif yang dimulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Yang hasilnya akan menjadi bahan dan masukan dalam penyusunan dokumen RKPD Kabupaten PALI,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda kabupaten PALI, Ahmad Jhoni, SP MM menerangkan bahwa tahapan Musrenbang tingkat Kabupaten dilaksanakan setelah sebelumnya digelar Musrenbang dari tingkat desa hingga kecamatan.

“Tujuan Musrenbang untuk mendapat masukan dan saran dalam RKPD. Serta untuk memantapkan program tahun 2024. Untuk tahun 2024, ada enam program yang menjadi prioritas utama pembangunan di kabupaten PALI, yakni peningkatan SDM, penguatan ekonomi kerakyatan, percepatan pengentasan kemiskinan, percepatan pengentasan stunting, reformasi birokrasi dan pelayanan publik serta terakhir pengamanan pemilu dan mitigasi kerawanan bencana,” bebernya.

Ketua FPTI kabupaten PALI itu juga mengaku optimis target pertumbuhan ekonomi akan tercapai di tahun 2024 di angka 6,5-7%.

“Hal itu karena sekarang masyarakat dalam aktivitas perekonomian dan jual beli masyarakat sudah berjalan normal. Namun tetap kita harus terus memantau sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi, yaitu krisis pangan, inflasi, perkembangan harga minyak dunia hingga cuaca ekstrim,” pungkasnya.

Tampak hadir Sekretaris Bappeda Provinsi Sumsel, Perwakilan Dinas PU Bina Marga Sumsel, Forkopimda Kabupaten PALI, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten PALI, Camat se-kabupaten PALI, sejumlah ormas, organisasi profesi, LSM hingga organisasi anak. 

(ADV/Rahasmin Sawiran).